top of page

Apa itu Cyber Security? Cara Kerja dan Pentingnya Keamanan Siber

Cyber security atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi keamanan siber semakin dibutuhkan khususnya oleh perusahaan atau bisnis baik skala kecil menengah maupun skala internasional. Lalu, apa sebenarnya itu cyber security dan bagaimana cara kerjanya? Anda berada di tempat yang tepat karena kami akan membahasnya pada artikel ini.


Ilustrasi cyber security

Apa itu Cyber Security?

Cyber security atau keamanan siber adalah sebuah bidang yang berfokus untuk melindungi aset seperti sistem, jaringan atau network, dan program-program yang dimiliki perusahaan untuk melindungi dari cyber attack. Pada umumnya, serangan siberbiasanya bertujuan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif, memeras (ransom), atau mengganggu proses operasional bisnis perusahaan.


Unsur Utama dalam Cyber Security

Terdapat beberapa unsur utama yang terdapat pada cyber security, diantaranya adalah:


  1. Keamanan Jaringan Keamanan jaringan atau network security bertugas untuk mengamankan jaringan dari serangan yang dapat kapanpun menyerang seperti ancaman worm, trojan, spoofing, dan lain sebagainya. Terdapat beberapa solusi yang menjaga keamanan jaringan dari serangan ini, FortiGate Next-Generation Firewall salah satunya yang merupakan solusi firewall andal dari produk Fortinet.

  2. Keamanan Aplikasi

    Keamanan aplikasi ini termasuk salah satunya adalah software mobile maupun software yang dimiliki perusahaan. Keamanan aplikasi bertugas untuk menjaga perangkat lunak dan perangkat keras dari ancaman. Aplikasi yang terinfeksi dapat memberikan akses ke data yang seharusnya aman dan terlindungi.

    Salah satu solusi untuk menjaga aplikasi mobile adalah AppCAMO Mobile Apps Security yang terbukti telah berhasil melindungi banyak aplikasi mobile, sehingga AppCAMO Mobile Apps Security menjadi solusi menarik bagi perusahaan Anda yang ingin melindungi aplikasi mobile atau smartphone.


  3. Keamanan Data dan Informasi

    Keamanan informasi menjadi salah satu aspek krusial dalam keamanan siber karena data yang dimiliki perusahaan atau organisasi sudah sepatutnya terlindungi dengan baik.

  4. Keamanan Endpoint

    Keamanan endpoint atau keamanan perangkat terkhususkan perangkat yang digunakan untuk menyimpan data sudah semestinya menjadi perhatian para pelaku bisnis, karena telah banyak kasus yang menimpa perusahaan dan organisasi akibat dari tidak melek akan keamanan endpoint tersebut, seperti salah satunya adalah kasus ransomware yang menyerang PDN baru-baru ini terjadi.


  5. Memberikan Edukasi ke SDM Berdasarkan kasus-kasus cyber crime yang terjadi, kejadian tersebut sebagian besar berasal dari tindak atau aktivitas manusianya itu sendiri seperti kebiasaan untuk mengklik tautan pada email phishing yang mengakibatkan kebocoran data. Solusi terbaik untuk memberikan edukasi kepada SDM adalah KnowBe4 Security Awareness Training yang hingga kini menjadi platform pelatihan kepada karyawan seperti simulasi phishing yang terbukti efektif untuk melatih karyawan dari serangan siber.


Bagaimana Cara Kerja Cyber Security?

Cyber security bekerja melalui beberapa lapisan perlindungan di seluruh aspek bagian termasuk endpoint, jaringan, program, maupun data yang ingin dijaga keamanannya.


Mekanisme Dalam Cyber Security

Penting untuk mengetahui mekanisme apa saja yang terdapat pada cyber security, berikut adalah beberapa mekanisme dalam keamanan siber:


Firewall

Firewall pada keamanan siber bertindak sebagai penghalang atau barrier antara jaringan internal yang aman dan jaringan eksternal yang tidak terpercaya dan penuh marabahaya seperti internet. Ini memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan.


Anti-Virus dan Next-Generation Anti Virus

Perangkat lunak antivirus dan Next-Generation Anti Virus (NGAV) memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus ancaman sebelum mereka dapat menyebabkan kerusakan. Mereka juga memantau aktivitas yang mencurigakan dan memberikan perlindungan real-time.



Sistem Deteksi dan Pencegahan Intrusi (IDS/IPS)

IDS/IPS bertugas untuk mengawasi jaringan yang digunakan dalam perusahaan, mengidentifikasi kemungkinan insiden yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan mencatat informasi tentang insiden tersebut, menghentikan insiden, dan melaporkannya ke securiyt administrator.


Enkripsi

Enkripsi adalah sebuah metode keamanan yang teruji aman, metode ini mengacak suatu kode agar sulit terbaca sehingga hanya orang-orang tertentulah yang paham akan dekrispsi kode tersebut.


Autentikasi Multi-Faktor (MFA)

MFA atau multi-factor authentication adalah seperti mengunci pintu rumah Anda dengan lebih dari satu kunci. Ini menambahkan lapisan perlindungan tambahan dengan meminta lebih dari satu bentuk verifikasi untuk mengakses sistem atau data. Misalnya, selain memasukkan kata sandi, pengguna mungkin juga perlu memasukkan kode yang dikirim ke perangkat mereka.


Mengapa Cyber Security Penting?

Keamanan siber sangat penting untuk melindungi data dan sistem dari serangan yang dapat merugikan secara finansial yang tidak sedikit, menurunnya reputasi perusahaan di mata masyarakat, dan terganggunya operasional sehingga membuat bisnis tidak berjalan semestinya. Di tengah meningkatnya ancaman siber yang semakin canggih, setiap organisasi harus memiliki strategi keamanan yang kuat untuk melindungi diri.


Kesimpulan

Cyber security adalah aspek kritis dalam menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data serta sistem informasi. Dengan memahami apa itu cyber security dan bagaimana cara kerjanya, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi aset digital Anda dari ancaman siber. Investasi dalam solusi keamanan yang tepat dan pendidikan karyawan adalah kunci untuk menciptakan lingkungan digital yang aman dan terlindungi.


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di marketing@primacs.co.id terkait kebutuhan cyber security yang perusahaan anda butuhkan, atau dapat dengan mengklik tombol "hubungi kami" di bawah.




Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page